Arumi Bachsin Duet Dengan Putri Indonesia 2020 Untuk Senyum Desa

Oli Gear Transmisi Matic Wajib Ganti Tiap 8 Bulan Sekali, Ini Pilihannya.



Gembelgaul.com - Matic berbeda dengan tipe motor berafiliansi 4 stroke, jika awal mesin 4 langkah mengkonsumsi oli hanya sekali tegak yaitu oli mesin dan pembakaran jadi satu. Berbeda pendahulunya 2 stroke yang terpisah antara oli mesin dan pembakaran. Honda Vario termasuk varian matic yang beredar di Indonesia, matic jaman now dilengkapi pergerakan CVT dengan pelumas tersendiri yaitu transmission gear alias gardan.

Pelumasan oli gardan mengapdosi sistem mobil atau kembali ke era 2 tak, pelumasan gir terpisah. Karena penggerakan CVT inilah maka fungsi oli gardan sangatlah vital. Begitu juga Honda Vario, perlu diganti secara berkala agar menjamin keawetan dari gigi gir yang terdapat dalam teromol buritan. Kapan perlu diganti?.

Menurut Sulton dari Ton Speed Surabaya untuk penggantian oli gardan berpatok pada pemakaian 8.000 km, “Berarti 8 bulan sekali harus diganti jika itu pemakaian normal,” ungkapnya. Sulton juga menambah bahwa oli gardan sebenarnya tidak perlu diganti dalam jangka waktu lama tak masalah. Intinya oli gardan ini hanya melumasi gigi teromol CVT bukan ikut pembakaran hingga tidak tercampur hasil pembakaran. Hal terpenting kualitas dari oli gardan itu sendiri adalah kualitas, keluaran geinune part dari pabrikan macam AHM atau Yamaha sudah jaminan mutu.

Standar tingkat kekentalan oli gardan diangka SAE 80 atau 90, mengapa lebih kental karena kinerja gear transmission matic tidak bekerja keras, fungsi hanya sebapai pelumas agar gesekan tidak panas atau meredamnya. Ini berkaitan umur trasmision itu sendiri. Dipasaran oli garden dikisaran 15 ribu termurah sampai 100 ribu, Saran Sulton tak perlu membeli mahal cukup harga dikantong saja. Bahkan menurut Sulton, pakai oli garda milik mobil juga bisa karena kekentalan SAE dibilang sama.(ggc)


Dibawah ini rekomendasi oli beserta harganya bisa jadi pilihan :
Yamalube Gear Matic                     Rp 16.000
AHM Honda                                   Rp 12.000
TOP 1 Action Matic                        Rp 14.000
Pertamina Enduro Gear                   Rp 19.000
Castrol Scooter Gear Oil                 Rp 18.000
Faito Gear Oil 90W                         Rp 41.000
STP Gear Oil Matic                         Rp 19.000
VROOAM Scoot 75W-90               Rp 112.000
T.TRAAX Matic                              Rp 15.000

NB : harga bisa berubah sewaktu-waktu menurut wilayah masing-masing.



loading...

Komentar