Arumi Bachsin Duet Dengan Putri Indonesia 2020 Untuk Senyum Desa

Bikin Kaca Pembesar Dari Botol Plastik



Gembelgaul.com - Bikin kaca pembesar dari bekas botol plastik? Bisa kok , gampang dipraktekkan. Tapi sebelumnya cari botol plastik yang kembung atau cembung karena dasar pembuatan kaca pembesar mengacu pada lensa cembung. Kebetulan botol bekas minuman kopi avocado di minimarket, ini cocok buat kaca pembesar.
foto 1. Bikin bulatan dengan spidol

Awal buat bulatan dengan jangka atau tutup botol dot bayi(foto 1), bikin 2 buah untuk sisi atas dan bawah(foto 2). Setelah mendapatkan 2 bagian itu, rekatkan dengan lem super G atau alteco agar menyatu(foto 3). 
foto 3. Potong hingga membentuk 2 pola untuk atas bawahnya.

Pastikan jangan ada udara kosong masuk kedalam, wajib kondisi vakum.
Jika sudah merasa tidak ada celah yang kelolosan atau ketinggalan, siapkan jarum suntik atau jarum jahit. 
foto 4. Rekatkan kedua pola dari plastik itu dengan lem.

Lubangi pada sisi atas, ini gunanya agar bisa memasukan air kedalam 2 bulatan yang sudah dilem tersebut. Setelah selesai, lubang kecil bekas suntikan itu tutup dengan lem super. Pastikan jika lubang  itu tertutup sempurna hingga tidak air yang merembes keluar.
foto 4. Bikin sketsa dari kardus untuk gagang kaca pembesar.

Langkah berikutnya membuat gagang kaca pembesarnya dari bahan kardus bekas, bikin sketsa terlebih dahulu dengan spidol atau pensil. Bentuknya seperti sendok yang bagian tengah berlubang, nah ini yang akan menjadi tempat kaca cembung dari plastik tersebut(foto 4).
foto 5. Kaca pembesar plastik dan gagang dari kardus dijadikan satu.

Tinggal disatukan(foto 5) dan jadilah kaca pembesar sederhana dari bahan botol plastik bekas dan kardus bekas. Murah meriah nggak bikin kantong bolong.(ggc)


loading...

Komentar