Siska Kubur, Sebuah Anomali Agama Dipertanyakan

  Gembelgaul.com - “Siksa Kubur” menghadirkan cerita yang menyentuh hati dan mengingatkan kita tentang pentingnya komunikasi, pengertian, dan kehangatan keluarga. Setelah kedua orangtuanya jadi korban bom bunuh diri, Sita jadi tidak percaya agama. Sejak saat itu, tujuan hidup Sita hanya satu: mencari orang yang paling berdosa dan ketika orang itu meninggal, Sita ingin ikut masuk ke dalam kuburannya untuk membuktikan bahwa Siksa Kubur tidak ada dan agama tidak nyata. baca juga : melihat gleen fredly hidup kembali Namun, tentunya ada konsekuensi yang mengerikan bagi mereka yang tak percaya. Film “Siksa Kubur” akan menghadirkan akting yang sempurna dari pemeran utama Faradina Mufti sebagai Sita dan Reza Rahadian sebagai Adil. Ditambah jajaran ansambel yang mayoritas merupakan pemenang dan peraih nominasi Piala Citra FFI, serta para pendatang baru yang menjanjikan. Mereka di antaranya adalah Christine Hakim, Fachri Albar, Happy Salma, Slamet Rahardjo, Arswendy Bening Swara, Nini

Bikin lampu tester sendiri untuk cek kelistrikan motor

 

alat tester kelistrikan motor

Gembelgaul.com - Kelistrikan sangatlah vital untuk motor terutama sumber energi dari DC (baterai) atau injeksi, jika putus pada instrumen seperti lampu atau sein. Kadang kita kebingungan untuk melakukan pengetesan jalur mana yang putus, maka   dibutuhkan alat khusus seperti Avometer atau multitester tapi itu mahal juga.

alat tester kelistrikan motor
Pakai lampu LED dan resistor jadi lampu tester motor sederhana.


Ini ada tips murah meriah yang bisa dipakai, hanya memakai lampu led seharga 500 perak saja. LED (Light Emitting Dioda) ini bisa didapatkan di toko elektronik terdekat. Selain LED kita butuh sebuah resistor ukuran 1 K ohm sebenarnya bisa memakai ukuran 550 – 650 ohm.

Tapi range 1 K ohm lebih aman jika terjadi lonjakan volt lebih 12 volt masih aman hingga tidak membuat jebol LED-nya. Sebenarnya ada hitungan khusus untuk menghitung LED dan rumusnya dibawah ini :

R = (Vs – Vd) / I

 

R    = resistor

I     = arus LED

Vs  = tegangan (12 V)

Vd = tegangan kerja LED (20 mA = 0,02 A)


 Baca juga : Bisa CDI unlimiter AC handmade sendiri


Mari kita contohkan LED warna merah adalah 2,2 V maka tahanan resistor adalah :

R = (Vs – Vd) / I

   = (12 V – 0,02 A) / 2,2 V

  = 520 ohm

Jadi tahan resistor yang bsia dipakai untuk LED warna merah adalah ukuran 520 ohm dan dibawah ini tabel arus LED sesuai warnanya.

-          Infra Red             = 1,6 V

-          merah                   = 1,8 -2,1 V

-          orange                  = 2,2 V

-          kuning                  = 2,4 V

-          hijau                      = 2,6 V

-          biru                        = 3 – 3,5 V

-          putih                     = 3 – 3,6 V

-          ultra violet         = 3,5 V

alat tester kelistrikan motor

Tinggal rakit resistor ke kaki katoda atau - (kakinya lebih panjang).

Sekarang tinggal merakit saja, solder kaki resistor 1 K ohm itu (bolak-balik tidak masalah) ke kaki katoda (kakinya lebih panjang atau dikenali kaki plus). Kemudian sambungkan dengan kabel sesuai keinginan dan bungkus dengan selongsongan kabel bakar untuk pengaman. alat tester kabel kelistrikan motor telah jadi dan siap digunakan. ggc

 



Komentar