Temurun, Horror Thriller Pertama Sinemaku Pictures

  Gembelgaul.com - Temurun merupakan film karya perempuan sutradara muda Inarah Syarafina merupakan film horor perdana bagi Sinemaku Pictures yang telah sukses dengan dua film drama “Kukira Kau Rumah” dan “Ketika Berhenti di Sini.” Film “Temurun” juga menjadi film panjang debut bagi Inarah. Dalam teaser berdurasi satu menit tersebut menampilkan pemeran utama Yasamin Jasem dan Bryan Domani. Dewi (Yasamin Jasem) diperlihatkan selalu berada di dalam rumah, mengalami berbagai teror dari sosok perempuan misterius. baca juga : Siksa Kubur sebuah anomali agama yang ingin dibuktikan Sementara itu, Sena (Bryan Domani) terlihat seperti sedang menginvestigasi sesuatu yang masih menjadi misteri baginya. Di teaser tersebut juga disajikan adegan-adegan mencekam mulai dari peristiwa orang-orang yang digantung, hingga Dewi yang disekap dan terkapar di antara potongan daging. Selain menampilkan Yasamin Jasem dan Bryan Domani, teaser juga menampilkan Kiki Narendra dan Jajang C. Noer. “Sudah

Bikin lampu tester sendiri untuk cek kelistrikan motor

 

alat tester kelistrikan motor

Gembelgaul.com - Kelistrikan sangatlah vital untuk motor terutama sumber energi dari DC (baterai) atau injeksi, jika putus pada instrumen seperti lampu atau sein. Kadang kita kebingungan untuk melakukan pengetesan jalur mana yang putus, maka   dibutuhkan alat khusus seperti Avometer atau multitester tapi itu mahal juga.

alat tester kelistrikan motor
Pakai lampu LED dan resistor jadi lampu tester motor sederhana.


Ini ada tips murah meriah yang bisa dipakai, hanya memakai lampu led seharga 500 perak saja. LED (Light Emitting Dioda) ini bisa didapatkan di toko elektronik terdekat. Selain LED kita butuh sebuah resistor ukuran 1 K ohm sebenarnya bisa memakai ukuran 550 – 650 ohm.

Tapi range 1 K ohm lebih aman jika terjadi lonjakan volt lebih 12 volt masih aman hingga tidak membuat jebol LED-nya. Sebenarnya ada hitungan khusus untuk menghitung LED dan rumusnya dibawah ini :

R = (Vs – Vd) / I

 

R    = resistor

I     = arus LED

Vs  = tegangan (12 V)

Vd = tegangan kerja LED (20 mA = 0,02 A)


 Baca juga : Bisa CDI unlimiter AC handmade sendiri


Mari kita contohkan LED warna merah adalah 2,2 V maka tahanan resistor adalah :

R = (Vs – Vd) / I

   = (12 V – 0,02 A) / 2,2 V

  = 520 ohm

Jadi tahan resistor yang bsia dipakai untuk LED warna merah adalah ukuran 520 ohm dan dibawah ini tabel arus LED sesuai warnanya.

-          Infra Red             = 1,6 V

-          merah                   = 1,8 -2,1 V

-          orange                  = 2,2 V

-          kuning                  = 2,4 V

-          hijau                      = 2,6 V

-          biru                        = 3 – 3,5 V

-          putih                     = 3 – 3,6 V

-          ultra violet         = 3,5 V

alat tester kelistrikan motor

Tinggal rakit resistor ke kaki katoda atau - (kakinya lebih panjang).

Sekarang tinggal merakit saja, solder kaki resistor 1 K ohm itu (bolak-balik tidak masalah) ke kaki katoda (kakinya lebih panjang atau dikenali kaki plus). Kemudian sambungkan dengan kabel sesuai keinginan dan bungkus dengan selongsongan kabel bakar untuk pengaman. alat tester kabel kelistrikan motor telah jadi dan siap digunakan. ggc

 



Komentar