Arumi Bachsin Duet Dengan Putri Indonesia 2020 Untuk Senyum Desa

Cara Membaca Pin Kaki CDI

 


Gembelgaul.com-Ini perlu kita ketahui saat memasang CDI , kita contohkan pada Honda bertipe Cub seperti Grand atau Supra, jangan terbalik atau ada pin yang bersentuhan karena mengakibatkan konsleting. Sejatinya CDI Grand/Supra ada 5 pin kaki dan berbeda tipe lainnya misalnya Suzuki Shogun 110 ada 6 pin kaki.

Apakah Itu CDI dan cara kerjanya? CDI (Capasitor Discharge Ignition) adalah sebuah capasitor penyimpanan daya besar yang akan disalurkan ke pengapian koil ke busi, intinya CDI sebagai pemantik agar motor hidup tanpa CDI ini tak bisa dinyalakan.

Tipe CDI ada 2 tipe yaitu DC (Direct Current) serta AC(Alternative Current), untuk Honda Grand/Supra termasuk AC karena input daya dihasilkan dari pulser magnet yang memberikan rangsangan ke CDI module untuk memantikan api dari koil ke busi. Kata lainnya accu/baterai tidak berpengaruh jika drop atau tanpa accu sekalipun.

Cara membaca kaki pin CDI sangatlah mudah, dibawah itu ada tabel gambar cara bacanya di tiap tipe motor yang berbeda. Kita contohkan CDI Grand/Supra ada 5 pin yang terdiri dari Massa, Pulser, Koil, Kontak dan 12 volt positif. Urutan sesuai gambar dan telah jadi satu dalam socket bawaan standar Honda.(ggc)



Ini videonya :



loading...

Komentar