Temurun, Horror Thriller Pertama Sinemaku Pictures

  Gembelgaul.com - Temurun merupakan film karya perempuan sutradara muda Inarah Syarafina merupakan film horor perdana bagi Sinemaku Pictures yang telah sukses dengan dua film drama “Kukira Kau Rumah” dan “Ketika Berhenti di Sini.” Film “Temurun” juga menjadi film panjang debut bagi Inarah. Dalam teaser berdurasi satu menit tersebut menampilkan pemeran utama Yasamin Jasem dan Bryan Domani. Dewi (Yasamin Jasem) diperlihatkan selalu berada di dalam rumah, mengalami berbagai teror dari sosok perempuan misterius. baca juga : Siksa Kubur sebuah anomali agama yang ingin dibuktikan Sementara itu, Sena (Bryan Domani) terlihat seperti sedang menginvestigasi sesuatu yang masih menjadi misteri baginya. Di teaser tersebut juga disajikan adegan-adegan mencekam mulai dari peristiwa orang-orang yang digantung, hingga Dewi yang disekap dan terkapar di antara potongan daging. Selain menampilkan Yasamin Jasem dan Bryan Domani, teaser juga menampilkan Kiki Narendra dan Jajang C. Noer. “Sudah

Peringatan Hari Museum Indonesia Dalam Nuswantara


Gembelgaul.com - Peringatan Hari Museum Indonesia merupakan bentuk eksistensi museum di tengah masyarakat. Sesuai dengan definisinya, sebagai lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dang mengkomunikasikannya kepada masyarakat, museum memiliki 3 tujuan utama yaitu pendidikan, pengkajian, dan kesenangan. Oleh karenanya penting bagi museum di Indonesia untuk selalu berupaya mengembangkan diri agar perannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Memperingati Hari Museum Indonesia 2019, House of Sampoerna bekerjasama dengan Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur (AMIDA JATIM) yaitu Museum Negeri Provinsi Jawa Timur “Mpu Tantular”, Museum Kambang Putih Tuban, Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian FISIP Universitas Airlangga, Museum Panji Malang, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menggelar pameran foto, naskah, arsip kuno dan karya seni instalasi bertajuk Nuswantara melalui satu rangkaian acara bertema "Bhinneka Satu", yang diselenggarakan sejak tahun 2017. Bhinneka Satu merupakan acara tahunan yang mengangkat sejarah keberagaman dan persatuan bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan keberlangsungannya.

Tema Nuswantara diangkat sejalan dengan tema besar Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 yaitu “Museum Menyatukan Keberagaman”. Pameran yang akan dibuka oleh Fitra Arda, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Museum  pada 5 Oktober 2019 akan berlangsung hingga 24 November 2019. Dalam penyelenggaraannya House of Sampoerna didukung pula oleh berbagai pihak, termasuk Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pariwisata, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Arsip Nasional Republik Indonesia, Museum Nasional, Museum Pos Indonesia, Balai Konservasi Borobudur, Media Jawa Pos, para kolektor, Dus Duk Duk dan Seniman Indonesia Grace Tjondronimpuno. Sebanyak lebih dari 150 koleksi ditampilkan untuk mengelaborasikan sejarah Nusantara.


“Museum tidak saja sebagai ruang tempat melestarikan kebudayaan dan edukasi tetapi sekaligus juga sebagai ruang rekreasi yang menyenangkan (edutaimen). Disamping itu Museum juga merupakan ruang publik dalam pemajuan kebudayaan, tempat bertemunya masyarakat dari berbagai latar belakang” ujar Fitra Arda, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 


Dwi Cahyono selaku Ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur menambahkan “Dengan adanya pameran ini, museum Jawa Timur dapat berperan aktif dalam memajukan kebudayaan bangsa, semakin mendekatkan diri ke masyarakat dan menjadi pintu gerbang kebudayaan bangsa”

Manager House of Sampoerna, Rani Anggraini, mengatakan, penyelenggaraan pameran ini diharapkan dapat menambah wawasan akan sejarah Indonesia sebagai negara kepulauan, dimana letak geografis kepulauan bukanlah penghalang bagi sebuah kejayaan dan persatuan bagi Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya.

“Menjalankan fungsi museum, acara ini adalah bentuk partisipasi kami dalam melestarikan dan mengkomunikasikan warisan budaya, selain turut mendorong museum sebagai salah satu destinasi wisata kota”, kata Rani.(bws/ggc)

Komentar