Harta Tahta Raisa, Perjalanan Syaduh Diva Indonesia Meraih Mimpinya

  Gembelgaul.com - Film “Harta Tahta Raisa” akan membawa penonton terhanyut dengan kisah-kisah yang belum pernah terungkap sebelumnya dari balik panggung. Mulai dari kisah perjalanan Raisa meniti karier di industri musik Indonesia, persahabatannya dengan sang manajer yang juga mitranya dalam membangun Juni Records, Adryanto Pratono (Boim), hingga kisah eksklusif di balik kemegahan monumental “Raisa Live in Concert GBK” pada tahun 2023.   “Dokumenter adalah suatu karya yang tidak scripted. Drama saat produksi dan drama asli, tentu ada di film ini. Untuk menggarap film ini, Imajinari juga mencoba mengumpulkan footage sebanyak mungkin termasuk membereskan kepemilikan rights-nya. Secara linimasa, dokumenter ini sebenarnya film kedua Imajinari. Sudah digarap sejak 2022 dan akhirnya sekarang bisa disaksikan penonton Indonesia mulai 6 Juni 2024,” kata produser “Harta Tahta Raisa” Dipa Andika. baca juga : mau lihat timnas di GBK, ini peta parkirnya Melalui dokumenter ini, Raisa juga

Bikin Flasher Sein Honda C70 Dari Relay Mobil

bikin flasher sein sendiri sederhana

Gembelgaul.com - Sein tidak berkedip dan nyala terus dipastikan itu flasher telah rusak. Harga flasher dipasaran 40 ribu bisa lebih, mulai kualitas original dan kw. Daripada beli bisa bikin sendiri dari relay bekas mobil 12 volt dan ini cara merakitnya.

baca juga : bikin charger HP motor sederhana

Sebelumnya dibutuhkan 2 komponen tambahan yaitu kapasitor elco 2200/3300 uf 16V dan resistor 15-20 ohm. Kegunaan kapasitor elco untuk jeda arus naik turun katup dan resistor sebagai pengaman sekaligus pengatur cepat lambatnya nyala sein. Elco dan resistor bisa beli di toko elektronik, elco seharga 2-3 ribu dan resistor 500 perak saja.

Relay mobil 12 volt kaki 5 terdapat kode yang terletak di bodi mulai 30, 85,86,87 dan 87A. Cuma 4 kaki yang digunakan, kode 87A tidak dipakai.
bikin flasher sein sendiri sederhana


1. Pertama memasang kapasitor elco, ada 2 kaki + dan -. Kaki + dipasangkan ke 85 dan kaki  ke 86 (dibolak-balik tak masalah). Tinggal solder atau kaitkan saja dalam lubang pin relay tersebut.
bikin flasher sein sendiri sederhana

2. Kemudian resistor 15 ohm atau 20 ohm (jika tak ada, bisa nilai diatas limit 50 ohm). Kedua kakinya dipasangnya ke pin 85 (satu jalur kaki + elco) dan pin 87(bisa dibolak-balik).
bikin flasher sein sendiri sederhana


3. Jumper pin 30 dan pin 86 dengan kabel atau kawat. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada skema rangkaian relay di gambar.
bikin flasher sein sendiri sederhana

Jika telah dirakit, tinggal menentukan kutub + (B) dan (L). Pin 30 untuk kutub  dan pin 87 sebagai + (bisa dilihat dari skema). Cara pasangnya seperti flasher aslinya dan siap dipakai.(ggc)

nb : flasher pakai relay mobil ini awet dipakai 2 tahuan, alternatif relay kecil 12 volt juga bisa(peletakan lebih pas di wadah sein standar motor/pengganti). Relay itu bisa beli di toko elektronik 10 ribu (harga sesuai daerah masing-masing)

ini videonya :




Komentar