Arumi Bachsin Duet Dengan Putri Indonesia 2020 Untuk Senyum Desa

Honda Vario Bersuara Tikus, Penyebabnya Mangkok CVT Kotor



Gembelgaul.com - Suara berdencit macam tikus kecepit terdengar di area CVT Honda Vario pasti sangat mengganggu. Jangan kuatir itu bukan masalah besar, itu penyakit Honda Vario yang gampang disembuhkan. Itu penyebabnya ruang CVT kotor karena debu nyelip, terutama pada mangkok CVT-nya. Yuk kita bersihkan sendiri dirumah.
Foto 1
Awal pertama yang perlu dikerjakan adalah membuka cover CVT terlebih dulu pakai kunci pas. Setelah terbuka maka terlihat rangkaian CVT mulai puller, roller sampai sabuk CVT. Kita fokus pada mangkok belakang, disinilah penyakit tikus berdencit berasal (foto 1).
Foto 2
Bongkar mangkok tersebut menggunakan tracker, kotoran debu terlihat menumpuk(foto 2). Tinggal bersihkan dan haluskan permukaan dinding dalam mangkok dengan ampelas paling halus ukuran 1000. Ini digunakan agar kerak-kerak yang lama melekat bisa luntur seketika. Jangan sekali-sekali membersihkan memakai air, oli atau bensin karena akan mempengaruhi kinerja CVT.

Kebetulan saat dibersihkan CVT-nya, jika ada duit lebih ganti sekalian oli gear garden untuk Honda Vario. Standarnya setiap 8000 km sekali tapi jika oli garden masih bening tak perlu digantikan dan tidak terlalu urgent juga. Setelah dirakit kembali maka suara berdencit hilang lenyap seketika, kembali normal.(ggc)

ini videonya :


loading...

Komentar