Arumi Bachsin Duet Dengan Putri Indonesia 2020 Untuk Senyum Desa

Modus Penipuan Baru !! Mau Beli Barang Di OlX, Transfer Lewat OneKlik BCA Terus Minta Kode OTP.


Gembelgaul.com - Hati-hati bagi anda yang melakukan penjualan online karena sekarang ada penipuan gaya baru lewat aplikasi one klik.

Ini kejadian dari seorang teman yang mempunyai usaha online atau menjual barang ke OLX. Pada tanggal 3 Juli 2020 pukul 1.32 ia membalas chat dari seorang customer dari jakarta utara. Sang customer minta di kirim ke alamat dengan ongkir dibayar di tempat lewat JnT.

Teman ini mengiyakan untuk bisa dikirim ke alamat tersebut setelah transfer lewat BCA. Customer menyanggupi tapi ada syarat mengirim KTP dan Kartu debit BCA teman saya ini. Alasannya demi keamanan, sebelumnya ia mengirim ktp dan kartu bca milik dia (tapi ini dinyakini bukan aslinya pemilik).

Teman saya yang agak curiga tetap kirim foto ktp dan kartu bca-nya. Setelah itu customer "maling" ini tiba-tiba telpon bahwa menanyakan kode OTP yang dikirim sms ke HP teman saya.

Nah, ini kecurigaan teman saya bertembah. Transfer BCA macam apa yang harus mengirimkan kode otp, itu kan rahasia. Apalagi customer maling berdalih ia transfer lewat aplikasi one klik.

Eits sebentar one klik itu aplikasi yang biasa ada di pasar belanja online yang memakai kartu debit. One klik ini aplikasi pembayaran praktis lewat kartu debit, jadi ini modus penipuannya. Ia memasukkan nomer kartu debit BCA yang tertera di foto untuk dapat akses penuh, kode otp dikirim lewat HP.

Untungnya teman saya ini tak pernah memakai nomer HP pribadi/akun bank untuk transaksi online, pakai nomer lain.

Kesimpulannya penipuan ini berbasis aplikasi One Klik dengan menyedot dana atau lewat transfer dengan pura meminta kode otp. Ini mirip penipuan transfer lewat ATM, jadi mulai sekarang hati-hati jika ada yang ingin kirim uang lewat aplikasi One Klik atau sejenisnya. (ggc)

ini penampakan foto ktp dan kartu debit penipu (kemungkinan bukan asli atau disalahgunakan) :


Nama: aditya sapara
Alamat : jl warakas iv 14 no 35
RT/rw011/011
DESA:warakas
kecamat: tanjung priok
Provinsi:jakarta jalarta utara
Kota: ibu kota jakarta  pusat
HP (penipu) : 0822-6211-2648
loading...

Komentar