Qorin, Film “Exorcist” Berlatar Belakang Pondok Pesantren Indonesia Yang Gelap

  Qorin jadi film religi mistik yang digarap sutradara Ginanti Rona Gembelgaul.com - Qorin ini yang disutradarai oleh  dan ditulis skenarionya oleh Laila Nurazizah. Diproduksi oleh IDN Pictures Sebelumnya   IDN Pictures meluncurkan film bergenre horor ini, pemicunya adalah   setelah berhasil dengan film horor pertamanya, “Inang”, karya Fajar Nugros,. Film “Qorin” akan tayang di bioskop pada 1 Desember 2022 dan merupakan film ketiga yang dirilis oleh IDN Pictures tahun ini. Cuplikan film “Qorin” yang dirilis sejak awal November lalu telah menggambarkan sekilas alur cerita mencekam yang ada di film ini. Elemen-elemen horor yang segar dihadirkan, bahkan dari lagu permainan anak-anak yang dalam film ini digubah nuansanya menjadi menakutkan dan mistis. Narasi mistis yang dekat dengan budaya masyarakat sepertinya masih menjadi formulasi yang menarik dalam genre horor Indonesia. Tak melulu mencekam, film “Qorin” juga akan mengangkat nilai-nilai kebaikan dan persahabatan yang di

Reza Rahardian Umumkan Dewan Juri Akhir Anugrah Piala Citra FFI 2022

Reza Rahardian Umumkan Dewan Juri Akhir Anugrah Piala Citra FFI 2022
Reza Rahardian Ketum Komite FFI akhirnya umumkam dewan juri akhir Anugrah Piala Citra.

Gembelgaul.com - Reza Rahardian, Ketua Komite Film Indonesia (FFI) akhirnya mengumumkan juri-juri yang akan bertugas menyortir  fil-film pilihan sebelum diumumkan pada malam Anugrah Piala Citra (22/11’22) mendatang. Juri-juri itu diumumkan pada acara conference press di Gedung  A  Kemendikbudristek Jl.Jend.Sudirman-Senayan (11/11/22).

Dewan Juri akhir  itu terdiri dari beberapa kategori seperti film cerita panjang, film cerita pendek, animasi pendek, dokumener panjang dan pendek, pengadian seumur hidup serta kritik film. Jadi total ada  24 orang untuk melakukan kurasi 23 kategori. Mereka itu terdiri dari 9 juri film cerita panjang, 3 juri film cerita pendek, 3 juri film animasi pendek, 3 juri film dokumenter, 3 juri pengabdian seumur hidup untuk film dan 3 juri untuk kritik film.

“Khusus kategori pengabdian seumur hidup untuk film, kita serahkan kepada artis-artis senior yang dimana mereka lebih paham kriteria-kriteria menurut pandangan dan pemahaman mereka” ungkap Reza Rahardian menerangkan artis-artis senior tersebut seperti Budiyati Abiyoga, Jajang C.Noer dan Widyawati.

Untuk daftar nomimasi sudah diumumkan sebelumnya pada 22 oktober 2022di pelataran candi Borobudur. Ini berkat hasil seleksi dari 89 anggota akademi Citra dan sekrang tinggal penjurian akhir akan dilakukan.

Dan ini daftar dewan juri akhir untuk film cerita panjang terdiri dari Budi Irawanto, Christine Hakim, Dolorosa Sinaga, Edwin Nazir, Iswadi Pratama, Nur Hidayat, Prima Rusdi, Thoersi Ageswara dan Yosep Anggi Noen.

baca juga : healing ke Kawah Ijen asyik bisa turing plus hiking

Untuk Film cerita pendek terdiri dari Edo Wulia, Lulu Ratna dan Mady Marahimin. Juri film animasi terdiri dari Bony Wirasmono, Chandra S.Endroputro dan Kemal Hasan.

Juri film dokumenter terdiri dari Erlan Basri, Fanny Chotimah dan IGP Wiranegara. Juri kritik film terdiri dari Adrian Jonathan Pasaribu, Kukuh Karnanta Yudha dan Mundi Rahayu.

Anugrah Piala Citara FFI tahun ini menurut Garin Nugroho sebagai Kokmite Bidang Penjurian FFI 2021-2023 mengatakan bahwa nominasi-monimasi yang terjaring mulai variatif. Seperti film horror yang dikatakan sebagai film kelas 2 sekarang menjadi masuk nominasi, ini menandakan era pop film bisa jadi film terbaik.

Malam Anugrah  Piala Citra FFI akan diakana 22 November 2022 dan disiaarkan langsung melalui kanal youtube Festival Film Indonesia, Budaya Saya dan Kemendikbudristek RI. ggc

Komentar