Kampung Batik Tulis Jetis Sidoarjo Wajib Dikunjungi

  Gembelgaul.com - Kampung Batik Tulis Jetis yang sangat Legendaris di Dusun Jetis, Kelurahan Lemahputro, Kab. Sidoarjo dan ini dikunjungi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus. Kunjungan itu dilakukannya di sela-sela Gowes Gemilang bersama Bupati Sidoarjo dan masyarakat Sidoarjo dalam rangka menyambut perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII Tahun 2023. Sebagai informasi, Kab. Sidoarjo merupakan salah satu tuan rumah Porprov Jatim VIII   bersama tiga daerah lainnya, yakni Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kab. Jombang. Khusus Kab. Sidoarjo juga menjadi venue pembukaan perhelatan Porprov VIII pada tanggal 9-16 September 2023 mendatang. Untuk itu, Gubernur Khofifah mengajak masyarakat ikut mempromosikan berbagai produk pelaku UMKM selama gelaran Porprov VIII berlangsung. Termasuk salah satunya kerajinan batik tulis di Kampung Batik Jetis yang sangat legendaris dan harganya terjangkau   di Sidoarjo ini. "Porprov ini tidak sekadar menja

Weekend Mau Kemana? Ke Museum Mpu Tantular Saja Ada Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2019

 

Gembelgaul.com -Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara 2019 di UPT Museum Mpu Tantular, Sidoarjo, Rabu (14/8/2019) baru saja dibuka sekdaprov-Heru Tjahjono. Ajak keluarga dan sanak saudara datang menikmati pameran alat musik tradisional dari seantero nusantara.

Kepala Disbudpar Jatim, Sinarto mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara bergilir di Indonesia, berdasarkan kesepakatan bersama para kepala museum se-indonesia. Adapun pameran hari ini diikuti oleh 31 museum dari 27 provinsi di Indonesia.

 Pameran peralatan atau alat musik tradisional nusantara yang sangat fenomenal ini, bisa menjadi satu edukasi dalam masyarakat di Jawa Timur khususnya, di Sidoarjo dan sekitarnya, katanya.

Kepala Disbudpar Sinarto menambahkan, beberapa rangkaian kegiatan pameran ini diantarnaya adalah lomba kreativitas musik, lomba melukis koleksi museum tradisional, dan city tour ke Gunung Bromo. Adapun dipilihnya Gunung Bromo karena merupakan salah satu prioritas pembangunan di Jatim yang telah disetujui oleh Presiden RI.

Hadir dalam kesempatan ini, Forkopimda Kab. Sidoarjo, para penikmat dan penggemar seni dari seluruh Indonesia, serta para peserta pameran.(bws/ggc)



Komentar