Sentono Gentong, Wisata Pacitan Yang Lagi Hits Diatas Bukit

Sentono Gentong, wisata Pacitan cocok buat suka ketinggian melihat pantai. Gembelgaul.com - Sentono Gentong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan dari ketinggian membuat takjub Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (10/1). Khofifah yang didampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Forkopimda Pacitan   mengungkapkan tidak heran jika Sentono Gentong menjadi salah satu destinasi "ngehits" di Pacitan. Menurut Khofifah, Sentono Gentong seperti orkestra semesta alam karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spritual. Di sini, kata dia, masyarakat bisa menikmati pemandangan laut dan pantai, perkotaan, perbukitan, pegunungan hingga goa-goa. Tak cuma menyajikan wisata alam, Sentono Gentong juga merupakan spot paralayang. baca juga : 10 desa wisata Jatim yang cocok buat healing "Jatim ini banyak sekali tempat yang menyuguhkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi, kuliner, hingga tantangan bagi para

Sebanyak 40 Designer ETNURA Tampilkan Batik Bertajuk Sentuhan Etnik Indonesia


Gembelgaul.com - Batik sebagai warisan seni untuk bangsa Indonesia, perlu dilestarikan. Salah satunya dengan munculnya ETNURA, sebuah organisasi yang didalamnya terdapat pelaku dan pendukung fashion khususnya batik. ETNURA dilauching pada Jumat(3/12/19) di Grand Mercure Surabaya.

Sebanyak 40 Desainer anggota ETNURA menampilkan karyanya saat launching bertajuk sentuhan etnik Indonesia.

ETNURA saat ini Menaungi sekitar 50 orang anggota yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bogor, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Gresik, Sumenep, banyuwangi, Pekalongan, Magelang, Semarang. Semua anggota adalah pekerja di bidang dunia  seni Industri Fashion nusantara  seperti pengrajin Aksesoris perhiasan dan tas etnik, make Up artis, fotografer , agency modeling serta event.

Visi ETNURA sendiri ingin mengembangkan seni di Indonesia khususnya yang menggunakan wastra nusantara atau kain tradisional, sekaligus juga mengangkatnya menjadi lebih dikenal dan memiliki tempat khusus di hati masyarakat indonesia hingga kancah internasional.

Launching ETNURA ini ada yang baru yaitu motif blarak sempal, "Kita tetap membawa batik banyuwangian, blarak sempal ini diartikan daun yang terpisah. Dalam asumsi layu tanpa perawatan diri." jelas Tikno Wiroyudha, salah satu designer dari ETNURA.

Motif Blarak Sempal akan digabungkan dengan tema yang sudah ada seperti Gajah Oling. Ditambahkan lagi oleh Tikno Wiroyudha, pagelaran ETNURA menampilkan 8 outfit yaitu 5 for woman dan 3 for man.

Yussi Marta selaku ketua ETNURA menjelaskan ETNURA juga secara aktif melakukan rangkaian kegiatan sosial. Diantaranya yang dilakukan pada akhir Oktober 2019 kemarin yaitu mengadakan pelatihan membuat kreasi ikat celup shibori bagi para Napi di Lapas Medaeng.(ggc)






Komentar